Proyek Rehab SDN Bolang1 Tanpa Papan Informasi Abaikan Keselamatan Murid Murid Yang Sedang Belajar - majalahkriptantus.com - Menyajikan berita secara faktual, independent dan sesuai fakta.

Breaking News

Proyek Rehab SDN Bolang1 Tanpa Papan Informasi Abaikan Keselamatan Murid Murid Yang Sedang Belajar

Karawang, Majalahkriptantus.com 

Poroyek relhabilitasi gedung Sekolah Dasar Negeri 1 Bolang Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang, diduga "Proyek Siluman"  terlihat dari tidak adanya papan Informasi Proyek di lokasi. Serta Pembangunan Rehabilitasi Ruang kelas Sekolah Dasar Negeri 1 Bolang tersebut, tidak memasang papan informasi proyek yang menjelaskan tentang sumber anggaran dana, perusahaan rekanan, dan informasi lainnya.

Hasil kroscek awak media pembangunan rehab gedung sekolah SDN Bolang 1.
Selasa 17 September 2024

Didugaan proyek tersebut dengan sengaja menyembunyikan informasi kepada masyarakat, proyek sudah berjalan beberapa hari namun papan informasi proyek atau pagu anggaran tidak terdapat dilokasi pembangunan tersebut.

Padahal Pemasangan papan nama informasi proyek adalah implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan.

Undang - undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP)Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

Saat awak media menanyakan terkait pembangunan sekolah ke pihak Sekolah melalui kepala sekolah mengatakan " Saya tidak tahu terkait proyek tersebut baik dari papan proyek maupun berapa anggaranya dan darimana, saya tidak mengerti jelas kepala Sekolah SDN 1Bolang"

Masih di tempat yang sama salah satu warga sekitar (E) menyesalkan pihak pelaksana pembangunan sekolah yang seakan tidak mau memberikan keterangan atau
 atau menyembunyikan papan informasi proyek dengan dalihmasih di buat.

"Aneh pak proyek negara ko tidak ada papan proyek, sayakan jadi gak tau dari mana anggaranya berapa nominalnya saya ga tau" cetus warga.

Lanjut warga, pemerintah seharusnya bertindak tegas terhadap pelaksana yang terkesan nakal dengan menyembunyikan informasi terkait proyek pungkasnya.

Dalam pantauan awak media untuk mekanisme hasil coran balokan pijakan baja ringan kualitas adukan kurang semen hingga dikhawatirkan tidak bisa menahan beban gemteng metal dan baja ringan. Dan lebih fatal di kemudian hari dapat mengancam keselamatan murid dibawahnya yang dengan belajar.

Dengan kejadian ini dimohon kepada pihak Dinas pendidikan harus bisa lebih tegas mengawasi dan memberi teguran terhadap pihak pelaksana yang ceroboh tidak mengutamakan keselamatan murid murid.
(JS & Tim)

Tidak ada komentar