Dari uaraian di atas lakukanlah telaah terkait peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek good governance! - majalahkriptantus.com - Menyajikan berita secara faktual, independent dan sesuai fakta.

Breaking News

Dari uaraian di atas lakukanlah telaah terkait peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek good governance!


MAJALAHKRIPTANTSU.COM--
Bangsa indonesia pada dasranya menginginkan suatu sistem negara yang benar-benar demokratis dalam berbagai aspek baik ekonomi, sosial, politik dan pemerintahan. Konsep demokratis bangsa ini sangat dinamis dan mengalami perjalanan yang sangat panjang dimana pada saat kemerdekaan sampai saat ini demokrasi indonesia di nilai masih dinasim dimana demokrasi indonesia pernah mengalami pergeseran baik itu demokrasi yang bercorak liberal, sosialis, dan sentralistik dimana hal ini membawa dampak negatif terhadap pemerintahan bangsa ini. Dimana kita ketahui puncak dari kekusutan dan tidak berjalan dengan baik pemerinthan pada saat itu adalah dengan di tandainya reformasi besar-besaran bangsa indonesia pada tahun 1998. Momen ini juga dijadikan titik balik dalam tata kelola pemerintahan indonesia dengan perombakan ini menghasilkan harapan yang bisa merubah tata kelola bangsa indonesia kedepannya lebih baik lagi. Dimana adanya Undang-Undang mengenai otonomi daerah, pemilihan umum baik Presiden dan pemimpin daerah langsung, dan memperkuat demokrasi dengan kesetaraan untuk setiap rakyat indonesia.

Kemudian dalam hal tata kelola pemerintah juga mengalami beberapa perubahan karena dianggap sistem pemerintahan indonesia pada masa itu selalu di hadapi dengan dinamika pemerintahan yang berujung beberapa kasus perpecahan, krisis, pelanggaran HAM dan masih banyak lagi. Hal ini yang mendasari adanya konsep good governance atau tata kelola pemerintah yang baik yang mana dengan konsep ini setidaknya sistem pemerintahan di indonesia diharapkan akan bisa berubah ke arah yang lebih baik dengan menerapkan sistem ini. Yang mana pada dasaranya good governance ini berlandaskan pada demokrasi yang tujuannya sama untuk mewujudkan terkait dengan tata kelola pemerintahan yang baik sehingga bisa mengantarkan negara pada harapan dan cita-cita yang di inginkannya dengan cara yang sesuai dengan ketentuan demokrasi.

Namun nyatanya hal ini dihadapkan pada persoalan dan permasalahan yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan sistem pemerintah yang baik melalui good governance baik yang bersifat kecil dan besar dalam hal tata kelola pemerintahan. Kemudian hal ini juga yang mendorong bangsa indonesia untuk bisa menjalankan pemerinthan dengan baik dan berlandaskan asas demokrasi yang tinggi dengan menerapkan konsep-konsep mengenai tata kelola pemerintah yang baik atau good governance, yang mana konsep atau prinsip-prinsip ini akan membawa ke arah tata kelola pemerintah yang baik dimana prinsip tersebut diantaranya sebagai berikut :

a)      Prinsip Partisipasi

Berkaitan dengan prinsip ini dianggap penting dan perlu diberlakukan dalam tata kelola pemerintahan agar bisa berjalan dengan baik. Hal ini disari bahwasannya pemerintah juga harus memperhatikan terkait dengan Partisipasi dari warga masyarakatnya yang mana kedudukan masyarakat dalam hal demokrasi adalah yang paling tinggi. Dimana tingkat patisipasi waraga masyarakat yang tinggi menandai bahwa semakin demokratis suatu bangsa tersebut dengan peran masyarakat. Teterkait dengan good governance ini partisipasi warga masyarakat bukan berdasrkan pada masyarakat itu sendiri yang berpartisipasi tapi di dorong oleh pihak pemerintah dalam membuka jalan atau pintu untuk bisa berpartisipasi, bersuara terkait dengan pemerintahan.

 

b)      Prinsip Taat Hukum

Kemudian prinsip selanjutnya terkait dengan hukum dimana dalam hal tata kelola pemerintahan harus berlandaskan pada sistem hukum di negara ini. Yang mana negara ini merupakan negara hukum yang berlandarkan pada Pancasila, dimana dalam konteks good governance pemerintah harus sangat memperhatiakan hukum dengan menghormati supremasi hukum, menjalankan hukum dengan adil, tidak diskriminasi dalam penegakan hukum, kesetaraan di mata hukum sehingga hal ini bisa memberikan kepercayaan warga masyarakat terkait dengan hukum dan pemerintah yang baik.

 

c)      Prinsip Transparansi

Kemudian terkait dengan prinsip transparansi dalam tata kelola pemerintah yang baik juga sangat penting dimana dalam hal good governance harus mengedepankan transparansi dalam segi penyusunan anggaran, informasi publik, pemilihan umum, hukum, dan lain sebagainya. Dimana hal ini penting untuk memberikan tingkat kepercayaan terhadap pemerintah dari masyaakat.

 

d)      Prinsip Responsif

Tata kelola pemerintah yang baik harus menerapkan prinsip Responsif terhadap persoalan yang ada dalam pemerintah itu sendiri atau dalam masyarakat. Gerak cepat pemerintah dalam hal menyelesaikan persoalan menjadi poin penting dalam hal good governance yang responsif.

 

 

e)      Prinsip Berorintasi Kesepakatan

Dalam hal pemerintahan tentunya pemerintah itu sendiri tidak mewakili satu pihak tertentu saja akan tetapi di bangsa ini berbagai golongan dan kelompok sehingga pentingnya dalam menjalankan good governance mengedepankan prinsip kesepakatan. Yang mana kesepakatan ini berlandaskan pada kesatuan dan demokrasi yang baik dimana setiap kelompok akan meraasa dihargai dan diwakili dalam satu kesepatan.

 

f)       Prinsip Kesetaraan

Dalam hal pemerintahan perlu adanya kesetaraan dimana dalam tata kelola pemerintah yang baik ini kesetaraan menjadi penting dimana tidak ada pengelompokan, diskriminasi, dimana dalam demokrasi semua dinggap setara dan sama. Sehingga dalam praktiknya pemerintahan memperlakukan setiap masyarakatnya secara sama dan setara, sehingga hal ini meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

 

g)      Prinsip Efektif dan Efisien

Kemudian terkait dengan tata kelola pemerintah prinsip efektif dan efiseinsi juga sangat penting dimana pemerintahan yang baik atau good governance harus bisa mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada baik manusia dan alam untuk menyelesaikan terkait dengan persoalan yang ada dengan baik.

 

h)      Prinsip Akuntabilitas

Prinsip selanjutnya adalah akuntabilitas dimana pemerintahan yang baik dituntuntut harus bisa bertanggung jawab terkait dengan manejemen pemerintahannya. Dimana dalam hal good governance akuntabilitas sangat penting terkait dengan tugas dan tanggung jawab dari pemerintah itu sendiri.

 

i)       Prinsip Visi Strategis

Prinsip yang terakhir adalah prinsip dari pemerintah yang harus memiliki visi yang strategis dlam hal pengelolan pemerintah. Dalam good governance pemerintah harus memiliki visi yang strategis untuk pemerintahn kedepannya dengan segala kemungkinan yang ada nanti.

 

Yang pada akhirnya masyarakat juga berperan penting dalam pelaksanna good governance ini. Dimana pemerintah tidak bisa berjalan sendiri penting adanya peran aktif dari masyarakat itu sendiri dimana pemerintah dan masyrakat bekerjasama untuk mencapai cita-cita dan tata kelola pemerintah yang baik dan bersih demi kesejahteraan rakyat itu sendiri.

Kemudian terkait dengan apkah peran yang bisa kita lakukan dalam hal ini sebagai mahasiswa untuk bisa mewujudkan good governance di indonesia, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan dalam hal praktek mahasiswa antara lain :

1.  Agen perubahan (Agen Of Change)

Dalam hal ini mahasiswa adalah suatu kelompok intelektual muda yang akan menjadi genrasi selanjutnya bagi bangsa ini. Dimana semangat dan peran mahasiswa atau generasi muda sangta penting mengingat perjuangan bangsa indonesia dalam hal kemerdekaan juga tidak terlepas dari peran mahasiswa dan generasi muda. Dimana pada masa sekarang mahasiswa dituntut juga berperan aktif terhadap pemerintahan, dimana dalam hal ini mahasiswa bisa berperan melalui perubahan atau agen perubahan di masyarakat dan lingkungan kampus. Dimana kita harus memiliki repon yang baik terhadap keadaan disekitar dan tidak besikap acuh tak acuh atau tidak peduli dengan kondisi keadaan di sekitar kita. Kemudian terkait dengan tindakan nyata yang bisa mahasiswa lakukan diantaranya:

1)      Selalu aktif dalam kemahasiswaan dalam hal menyuarakan aspirasi rakyat, baik melalui orasi, demontrasi, diskusi, lokakarya dan hal lainnya yang berkaitan dengan penyampain aspirasi rakyat jika terjadi ketidak adilan dalam hal tata kelola pemerintahan.

2)      Melakukan kegiatan yang bersifat sosial, dengan kegiatan sosial guna memberikan pemahaman terkait pemerintahan melaui seminar, diskusi mahasiswa dan lain sebagainya.

3)      Mendirikan taman bacaan, perpustakaan keliling hal ini bisa dilakukan yang berdampak langsung terhadap masyarkat dimana jika masyarakat terdidik akan setidaknya menghasilkan yang baik dalam hal dampak sosial.

4)      Selalu berperan aktif dalam pengawasan terkait pemerintah misalnya mengenai anggara, ekonomi, kebijakan daerah, pemilihan kepala daerah dan lain sebagainya. Pengawasan dan pelaporan terkait dengan penyalahgunaan wewenang kepada pihak terkait.

2. Agent Of Control

Dalam hal ini good governance adalah tata kelola pemerintahan yang mau mendengarkan rakyat dan anti terhadap kritik. Dimana mahasiswa sebagai perpanjangan tangan atau penyampai suara rakyat mempunyai peran penting dalam hal kontrol sosial dan pemerintah. Dimana pada kebijaakan pemerintah yang bertentangan dengan Undang-Undang dan menyesngsarakan rakyat mahsiswa harus terdepan dalam membela ketidak adilan. Beberapa hal yang bisa dilakukan dalam hal agent of control oleh mahasiswa diantaranya sebagai berikut :

a)      Memberantas berita hoax dan sara dengan menggaumkan hal-hal positif baik melalui pemberitaan atau gerakan sosial yang bersifat positif bagi persatuan dan kesatuan bangsa indonesia.

b)      Kita sebagai mahasiswa yang setidaknya memiliki wawasan yang lebih luas harus bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat melaui kritik terhadap kebijakan pemerintah yang merugikan masyarakat sehingga kita sebagai mahasiswa tidak acuh terhadap perubahan dan perkembangan dalam pemerintah.

c)      Kita sebagai generasI mahasiswa Era revormasi harus mampu dan bertumbuh di era sekarang generasi mahasiswa yang tau caranya menggunakan kebebasan untuk berinisiatif bergerak mengemukakan pendapat bukan hanya menjadi mahasiswa yang pasif.

d)      Bersikap kritis terhadap kebijakan pemerintah yang dianggap tidak membela rakya melaui tulisan, diskusi, musyawarah atau dengan demonstrasi yang tidak merusah.

 

3. Iron Stock

 

Dalam hal mewujudkan praktek good governance mahasiswa bisa dengan cara mempersiapkan diri untuk masa depan bangsa. Dimana mahasiswa diharapkan bisa untuk menjdaai generasi penerus yang memiliki moral, intelektual, mental dan jiwa kepemimpina yang baik sehingga kedepannya para pemimpin pemerintah bisa lebih baik lagi dengan di pupuk sejak dini terkait dengan sikap-sikap tersebut. Yang mana praktek nyata yang bisa dilakukan mahasiswa sebagai berikut :

 

a)      Selalu berkeinginan untuk terus belajar tidak hanya berfokus terhadap apa yang ditekuni tapi terkait dengan kondisi sosial dan pemerintah.

b)      Berfokus pada hal yang ditekuni saat ini baik dalam hal pendidikan, hukum, ekonomi, pembangunan dan lain sebagainya, yang mana diharapkan kita sebagai mahasiswa bisa memberikan dampak yang baik untuk indonesia di masa depan nanti.

c)      Mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan diantara mahasiswa dengan satu tujuan yang sama kesejahteraan rakyat.

 

4. Mendorong masyarakat dalam hal memilih dan berpatisipasi dalam pemilihan umum, hal ini bisa dilakukan dengan melalui penyuluhan sosialisasi terkait pentingnya partisipasi masyarakat untuk memilih pemimpin yang bisa mensejahterakan rakyat kedepannya.

 

5. Memberikan pandangan atau gagasan terkait dengan situasi politik dan pemerintahan kedepannya baik melalui diskusi, debat dan lain sebagainya.

 

 

6. Memberikan berita informasi yang benar terkait dengan pelaksanaan sistem pemerintah, tata kelola keuangan dan hal lain yang berkaitan dengan pemerintah baik melalui media sosial, tulisan atau informasi lisan.



Penulis : Willyhermanw

Tidak ada komentar