Gencar Meningkatkan Sektor Pertanian Pengurus Karang Taruna, Andi Selaku Bidang Pertanian Melontarkan Harapan Program Pertanian Membangun Dari Desa. - majalahkriptantus.com - Menyajikan berita secara faktual, independent dan sesuai fakta.

Breaking News

Gencar Meningkatkan Sektor Pertanian Pengurus Karang Taruna, Andi Selaku Bidang Pertanian Melontarkan Harapan Program Pertanian Membangun Dari Desa.

MAJALAHKRIPTANTUS.COM--Desa linggaraja, DairiKarang Taruna kabupaten Dairi konsolidasi di desa untuk menjalankan program kerja Bidang pertanian membentuk unit kerja taruna tani setiap desa di Kabupaten Dairi.Yang dihadiri Kepala Desa lingga raja  Bapak Oloan lingga "ketua bidang sosial karang taruna kabupaten Dairi bapak Eben Sitorus"ketua karang taruna kecamatan pegagan hilir Bapak bonatua Nainggolan,ketua karang taruna desa lingga raja natal Sihombing dan beberapa organisasi desa lingga raja serta didampingi tokoh masyarakat dan aparat desa .Dengan harapan   ingin berperan membangun desa sebagaimana  mengembangkan pemberdayaan pemuda , masyarakat untuk  pembentukan   taruna tani setiap  desa khususnya saat ini di  lingga raja , kecamatan pegagan hilir Kabupaten Dairi saptu-24-02-2023

Andi silalahi mengutarakan tujuan beberapa program kerja di setiap desa dan memaparkan potensi besar ketika Unit kerja Taruna tani dan Tawira (Taruna Wira usaha) dijalankan sesuai prosedur desa, kecamatan maupun kabupaten.Program  ini yang bertujuan meningkatkan taraf  ekonomi, sosial .Dengan  Implementasinya pelaksanaan program ini tdak cukup hanya menyediakan basis dukungan finansial terhadap rakyat, tapi juga diperlukan untuk mendorong  untuk meningkatkan ekonomi desa dalam artian yang lebih luas

Pada umumnya potensi utama desa adalah bidang pertanian dan peternakan, sebagian di antaranya juga memiliki potensi perikanan. Potensi ini secara langsung berkaitan dengan sumber daya alam.  tergantung bagaimana bahan pangan dan bahan mentah dihasilkan.

Kondisi kemasyarakatan desa sangat mendukung untuk berkembang bersama, maju bersama. Suasana harmonis, saling tolong menolong, gotong royong masih melekat dalam budaya masyarakat desa. Secara geografis, desa berkaitan langsung dengan potensi alam yang ada, sehingga desa memiliki potensi untuk berkembang menjadi lebih baik dari segi ekonomi yang sekaligus akan berpengaruh pada taraf hidup masyarakatnya.

Beberapa desa telah mengalami pergeseran terhadap pemanfaatan lahan pertanian. Lahan perkebunan semakin banyak yang tidak terawat dengan baik. Tumbuh semak belukar dengan beberapa tanaman yang tidak membutuhkan perawatan serius. Akibatnya tanah kurang menghasilkan sesuatu yang produktif. Hanya mengandalkan kemurahan alam saja.

Tidak bisa dipungkiri, generasi muda pelan-pelan kehilangan ketertarikannya pada bidang pertanian dan peternakan. Kebiasaan yang seadanya dalam memanfaatkan potensi desa ditambah lagi tingginya biaya produksi, masih juga industri semakin menjanjikan kemudahan pendapatan, merangsang para pemuda melepaskan warisan pertanian ke industri yang lebih memberikan jaminan kepastian tiap bulannya.

Padahal tidak sedikit potensi yang bisa dikembangkan dalam rangka mencapai desa yang sejahtera dan mandiri baik secara pangan maupun ekonomi.

Perlu disadari bahwa kebutuhan pokok masyarakat dipenuhi dari desa. Kebutuhan paling hakiki berupa ketersediaan pangan sebagian besarnya berasal dari desa. Meskipun sebagian pengolahan ada di kota, tetap saja bahan baku dan bahan mentah berasal dari desa. Potensi ini perlu mendaptakn porsi perhatian yang lebih besar agar desa dengan tegak mampu,ungkap Andi silalahi selaku ketua bidang pertanian karang taruna kabupaten Dairi.
Kita harus sosialisasi kan trus agar bisa Memandirikan masyarakatnya, mengikat para warganya agar tidak lagi tertarik meninggalkan desa. Tumbuh bersama mengelola potensi yang ada. Berkembang bersama membangun desa, terutama sektor pertanian dan peternakan. Era saat ini potensi pariwisata dapat digabungkan menjadi agrowisata. Pertanian sekaligus sebagai obyek wisata. Istilahnya tempat-tempat yang potensial yang menjadi daya tarik  pedesaan saat ini justru semakin menarik untuk dikunjungi. Suasana alamnya yang masih minim polusi tidak salah kemudian bisa berkembang menjadi area wisata yang menjanjikan kemajuan ekonomi masyarakatnya.    

Tidak ada komentar